EDUCATION KNOWLEDGE: PELATIHAN IKAN OLAHAN DI DESA HARUKU-SAMETH KABUPATEN MALUKU TENGAH

Jolyne Myrell Parera, Mozes Tomasila

Abstract


Pengembangan produk ikan olahan dapat dijadikan alternatif menumbuhkan kebiasaan mengkonsumsi ikan olahan, sekaligus merupakan upaya untuk meningkatkan nilai gizi masyarakat. Adapun bentuk dari ikan olahan yang dijadikan PKM yakni Bakso ikan, Nugget ikan dan Abon Ikan. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Haruku dan Desa Sameth Kabupaten Maluku Tengah, dilakukan berdasar permasalahan dari kelompok mitra yaitu belum adanya kwoledge sharing dalam bentuk pelatihan ikan olahan selama ini kepada para ibu di desa Haruku-Sameth Kabupaten Maluku Tengah. Tujuan Program Kemitraan Masyarakat adalah transfer knowledge creative kepada para ibu untuk dapat memanfaatkan sumber daya laut (ikan) yang diolah menjadi ikan olahan dalam berbagai variasi seperti bakso ikan, nugget ikan dan abon ikan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga. Untuk merespons tujuan PKM Metode yang digunakan berupa pelatihan dan pendampingaan selama proses pelatihan berlangsung. Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2023, dan dihadiri oleh para Ibu, yang ada di desa HarukuSameth. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan ini yakni para ibu teredukasi dan secara langsung dapat mempraktikan cara pembuatan ikan olahan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki (ikan), adapun bentuk ikan olahan yakni bakso ikan, nugget ikan dan abon ikan.

Keywords


Knowledge creative; Tranning

Full Text:

PDF

References


Arrow, KJ,1962, The Economic Implications of Learning by Doing. Review of Economics Studies, P :155-172.

Djaja, 2012, Manajemen Pengetahuan dan Daya Saing UKM. Blog Dosen Indonesia.

Fathi Saeed, Farahmand Shekoofeh, Khorasani Mahnaz, 2013, Impact of Intellectual Capital on Financial Performance, International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, Vol.2, No.1, ISSN: 2226-3624.

Gauthama, Margaret P, 1999, Penerapan Teknologi Tepat Guna pada Pengrajin Gerabah di Desa Banyumelek, Lombok Barat, dalam Alkadri, Muchdie, dan Suhandoyo (penyunting), Tiga Pilar Pengembangan Wilayah Saya Manusia, Teknologi, Jakarta

Scott, A.J, 2004, Entrepreneurship, Innovation, and Industrial Development; Geography and The Creative, I eld Reviseted, Center for Globalization and Policy Research, UCLA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jolyne Myrell Parera, Mozes Tomasila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 
 

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.