PKM MANDIRI MEMBANGKITKAN SEMANGAT WIRAUSAHA PEMUDA GPM LEWAT PELATIHAN PEMBUATAN SAMBAL ROA DI AMGPM DALIES JEMAAT URSANA KLASIS KAIRATU
Josephus Makatita, Godprit Haris Touwely
Abstract
Generasi muda adalah sumber daya produktif yang dengan ide kreatifnya dapat membuka sebuah usaha (wirausaha) yang juga membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran di 14endidik kerja produktif. Semakin banyak anak muda yang berkecimpung di dunia wirausaha, semakin banyak pula produktifitas yang dihasilkan sehingga berdampak pula pada meningkatnya perkembangan ekonomi keluarga, daerah maupun memiliki kontribusi besar bagi perekonomian nasional.Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku Ranting Dalies Jemaat GPM Ursana adalah organisasi kepemudaan GPM yang adalah generasi muda Gereja yang sesuai mottonya Kamu adalah Garam dan Terang Dunia, harus terus didorong untuk lebih mandiri, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab terhadap peningkatan ekonomi baik secara pribadi, gereja maupun bangsa dan negara. Program Pengabdian Masyarakat sangat membantu mitra, untuk memeberikan jalan keluar atau solusi bagi masalah yang di hadapi mitra. Sesuai hasil oservasi masalah – masalah yang dihadapi mitra yaitu banyaknya usia produktif yang tidak memeliki pekerjaan atau pengangguran, Pendidikan yang rendah, keterbatasan ketrampilan, keterbatasan lapangan pekerjaan, beberapa anggota masyarakat yang memilki Pendidikan tinggi tetapi belum terserap pada lapangan pekerjaan. Berdasarkan kondisis riil dari mitra maka sala satu solusi yang ditawarkan adalag pemanfaatan potensi daerah yaitu ikan roa untuk kemudian dijadikan sebagai sambal Ikan Roa dan dapat dipasarkan dan mendapatkan keuntungan ekonomis.
Aldise Kresna D, Penyuluh Perikanan Ahli Pertama: Bidang Usaha dan Pengembangan Komoditas https://www.mongabay.co.id/2018/02/15/kaya-tapi-miskin-potret-potensiperikanan-malukuyang-belum-optimal-kenapa.
Daulay, Z. A. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dengan Metode Triple Helix (Studi Pada UMKM Kreatif di Kota Medan). Tansiq: Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, I(2), 1-22.
Harahap, I. S. (2018). Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) di Desa Hanopan Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora, II(2), 101-115.
Hasan, M. (2018). Pembinaan Ekonomi Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. Jekpen: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, I(1), 81-86
Widjajanti, K. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, XII(1), 17. Wrihatnolo, R. R. (2007).
Manajemen Pemberdayaan Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan. Makassar: Desertasi Universitas Hasanuddin
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Josephus Makatita, Godprit Haris Touwely