BADATI

JURNAL BADATI diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kristen Indonesia Maluku. KATA BADATI adalah sebuah nama yang berasal dari kosa-kata bahasa daerah Maluku Tengah, tepatnya masyarakat Ambon dan Lease. Badati, secara singkat, adalah suatu suasana yang tumbuh dan terpelihara bergenerasi dalam keseharian aktivitas bersama secara kekeluargaan di mana setiap orang atau keluarga, baik dalam pendekatan orang per orang, keluarga (baik dalam garis lurus atau menyimpang), atau anak negeri/masyarakat dalam satu negeri/desa, menunjukkan kepeduliannya untuk turut menanggung suatu beban (biasanya secara material) bersama yang sebelumnya tidak bisa ditanggung oleh seseorang atau suatu keluarga.

Pilihan nama BADATI mengandung makna filosofi, yakni menunjuk pada upaya untuk mencerdaskan dan memberdayakan orang demi kesejahteraannya  (individu, kelompok dan masyarakat) melalui pikiran-pikiran dari hasil penelitian kajian teoritik  tidak dapat dilakukan secara sendiri-sendiri  tanpa bekerja bersama dengan melibatkan pihak lain sebagai sistem sumber (Jejaring).  Di dalam prinsip bekerja bersama itu, secara esensial, bertujuan untuk  memandirikan orang (individu, kelompok dan masyarakat) sebagai subyek dengan menggali dan memaksimalkan potensi yang dimilikinya secara bermartabat.

BADATI memiliki nomor ISSN 1907-5340 (cetak) diterbitkan secara cetak sejak tahun 2007 dan pada tahun 2019 Jurnal Badati diterbitkan secara online sejak Volume 1 no 1 tahun 2019 dengan no ISSN 2722-3248 (online) oleh Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik sampai sekarang. Dengan tujuan untuk mempublikasikan hasil kajian ilmiah dan penelitian dalam bidang ilmu Sosial dan Humaniora.

BADATI menerima tulisan berbentuk riset kuantitatif maupun kualitatif dari akademisi, praktisi, peneliti yang relevan dengan topik ilmu sosial dan humaniora Artikel yang dikirimkan haruslah belum pernah atau tidak sedang dalam proses dimuat pada jurnal lainnya. Artikel yang masuk harus sesuai dengan petunjuk penulisan atau format yang telah ditetapkan. Editor akan menolak artikel yang tidak memenuhi persyaratan tanpa proses lebih lanjut. Artikel yang telah memenuhi persyaratan akan dinilai kelayakannya oleh reviewer melalui proses blind-review.

BADATI terbit dua kali dalam satu tahun, April dan November.

Announcements

 
No announcements have been published.
 
More Announcements...

Vol 6, No 1 (2022)

Table of Contents

Articles

Tehubijuluw Zacharias
PDF
1-11
Arce Yulita Ferdinandus, Ratna Pakpahan, Jeklin Mlaskit
PDF
12 - 21
Izki Fikriani Amir, Muhammad Idris
PDF
22 - 28
Muhamad Arsad Rahawarin
PDF
29 - 39
Samson Laurens
PDF
40 - 48
Derek Bakarbessy
PDF
49 - 56
Marleen Muskita, Susana Magdalena Welly Muskita
PDF
57 - 66
Junus Kwelju, Anthonio Johan Latuihamallo
PDF
67 - 81
Josephus Noya, Demsy Wattimena
PDF
82 - 96
Rido Latuheru
PDF
97 - 103
Amelia Tahitu, Jimmy Purwata Mangasi Sirait
PDF
104 - 114
Hobarth Williams Soselisa
PDF
115 - 131