PERSEPSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 TERHADAP KEBERADAAN PROGRAM STUDY ILMU KOMUNIKASI PADA UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA MALUKU

MARLEEN MUSKITA

Abstract


Pengetahuan masyarakat terhadap keberadaan program study Ilmu Komunikasi pada Perguruan Tinggi Swasta khususnya UKIM dapat mempengaruhi berbagai persepsi dari masyarakat terhadap keberadaan dan output yang nanti akan dihasilkan dari Program Study Ilmu Komunikasi di Universitas Kristen Indonesia Maluku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMA kelas XI terhadap keberadaan Program Studi Ilmu Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Kristen Indonesia Maluku. Pemahaman mereka terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi  yang peneliti lakukan pada SMA Negeri 12, dapat dilihat bahwa hampir semua informan kurang paham tentang Program Studi Ilmu Komunikasi khususnya yang ada pada Universitas Kristen Indonesia Maluku. Persepsi masyarakat terhadap keberadaan  Program Studi Ilmu komunikasi dipengaruhi oleh faktor internal dalam diri serta faktor eksternal dari luar. Dimana kurangnya informasi yang diperoleh melalui penggunaan pola komunikasi yang berbeda di masyarakat, sehingga menimbulkan perbedaan persepsi yang juga menentukan pilihan masyarakat khususnya siswa-siswi SMA terhadap Perguruan Tinggi khususnya program studi setelah mereka lulus.


Keywords


Persepsi, Ilmu Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Abdullah Idi, 2011. Sosiologi Pendidikan (Individu, Masyarakat dan pendidikan). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Abrar, Ana Nadhya. 2003. Teknologi Komunikasi: Perspektif Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: LESFI.

Bartens, K. 2002. Etika. Jakarta: Penerbit Gramedia

Devito, Joseph A. 2007. Pearson International Edition. Printed in The United States of America : Pearson Education

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu, Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Liliweri, Alo. 2009. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung : PT.Citra Aditya.

Moleong Lexy. 2012 Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya

Mar’at, 1991. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

McQuail, D. 2011. Teori Komunikasi Massa. Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.

Muhamad Arni. 2002. Komunikasi Organisasi. Jakarta : PT. BumiAksara.

Mulyana, Deddy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Karya.

Sondang P. Siagina, 2007. Filsafat Administrasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Stephen Robbins, 2011. Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Supratiknya A., 1995. Komunikasi Antarpribadi, tinjauan psikologis. Yogyakarta: Penerbit Kasinius.

Sugiyo, (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung :Alfabeta.

Sunarto, A.W., (2013). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.38012/jb.v4i1.566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

p-issn : 1907-5340 

e-issn : 2722-3248 

         

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Contact Person :

Rido Latuheru

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Program Studi Ilmu Komunikasi

Jalan Ot. Pattimaipau, Talake

HP : +628114700510

email : rido.latuheru@ukim.ac.id

email personal : latuheru.rido@gmail.com