SOSIALISASI GERAKAN ANTI KEKERASAN DALAMPACARAN BAGI ANGKATAN MUDA GEREJA PROTESTAN MALUKU CABANG DAMAI DI JEMAAT GEREJA PROTESTAN MALUKU WAAI

Juliana Agusthina Tuasela, Aleta Ruimassa

Abstract


Tujuan artikel ini untuk membuat sosialiasi gerakan anti kekerasan dalam pacaran di Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku Cabang Damai di Jemaat Gereja Protestan Maluku Waai. Sosialisasi berbasis kajian teologis dan psikologis-pastoral. Secara faktual, salah satu masalah sosial yang muncul dalam komunitas persekutuan Angakatan Muda Cabang Damai adalah isu kekerasan dalam pacaran. Masalah ini muncul dan terindikasi dengan adanya kasus kekerasan dalam pacaran yang terjadi tahun 2018 (8 kasus) sampai sekarang. Kasus ini muncul umumnya secara tersembunyi karena dipengaruhi budaya malu. Ada perempuan yang mengalami kasus kekerasan tetapi mendiamkan karena merasa malu dan menganggap hal ini sebagai ekspresi cinta dan kesetiaan kepada pasangan. Tindakan kekerasan dianggap lumrah. Tindakan ini meningkat karena terbatasnya pengetahuan komunitas Angkatan Muda GPM Damai tentang bentuk kekerasan dan cara penanganannya. Terkait permasalahan ini diajukan solusi penyelesaian dalam bentuk, yaitu: pertama, sosialisasi secara mutli disipliner tentang isu kekerasan dalam pacaran khusus di bidang teologi dan pastoral. Kedua, mentransformasi pemahaman dan melakukan pendampingan pelayanan serta langkah preventif kekerasan dalam pacaran. Kegiatan diharapkan memutuskan mata rantai kekerasan dalam pacaran.

Keywords


Kekerasan; Pacaran; Teologi; Psiko; Pastoral

Full Text:

PDF

References


Dewi, Anike Dian Ayu Kusuma, “Studi Komparasi Faktor-Faktor Daya Tarik Interpersonal Pada Mahasiswa Unnes Yang Berpacaran Ditinjau Dari Jenis Kelamin”, dalam Journal of Social and Industrial Psychology, Vol.2 No.1, (2013).

KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (kemenpppa.go.id) (diakses 30 April 2023).

Nugroho Wahyu Budi & Sushanti, Sukma,”Kekerasan dalam Pacaran: Anatomi Konflik dan Penyelesaiannya”, dalam Jurnal Sosiologi Walisongo, Vol.3 No.2, (2019).

Papalia, Diane Sally Wendkos Old, dan Ruth Daskin Feldman, Psikologi Perkembangan: Bagian V s/d IX, Terj. A. K. Anwar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008SIMFONI-PPA (kemenpppa.go.id) (diakses 30 April 2023).

Widihapsari, Ida Ayu Gede Kusumaastuti et.al, “Pengalaman Mempertahankan. Komitmen Berpasangan pada Perempuan Dewasa Awal yang Menjalani Hubungan dengan Laki-Laki yang Memiliki Penyakit Kronis”, dalam INSAN Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, Vol.5 No.1, (2020).




DOI: https://doi.org/10.37429/mjppm.v4i2.1085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Juliana Agusthina Tuasela, Aleta Ruimassa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.