PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN PENDAPATAN PERAJIN GULA MERAH MELALUI PENGGUNAAN BAHAN TAMBAHAN PANGAN DAN PEMASARAN ONLINE

Ekawati Ekawati, Rahmatullah Rizieq

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pendapatan perajin gula merah Desa Sungai Kupah Kabupaten Kuburaya melalui penyuluhan penggunaan bahan tambahan pangan (BTP), perbaikan penampilan produk dan pemasaran online. Pendekatan yang digunakan adalah partisipatif, dimana pelaku kegiatan adalah perajin gula merah itu sendiri. Metode yang digunakan adalah dengan penyuluhan, diskusi, dan praktik. Hasil dari kegiatan ini yaitu 1) perubahan pengetahuan dan prilaku mitra terkait penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP) natrium metabisulfit dimana mitra sudah mengetahui batas maksimal dan dampak BTP tersebut terhadap kesehatan; 2) mitra sudah bisa membuat gula merah dengan bentuk dan ukuran yang berbeda dari yang umumnya dan dengan kemasan yang menarik yang sudah memiliki merek sendiri; 3) mitra sudah bisa memasarkan produk yang dihasilkan secara online melalui sosial media.


Keywords


diversifikasi produk; natrium metabisulfit; usaha mikro.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Barat dalam Angka 2020. Pontianak: Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat, 2020.

Tribun Mempawah, “Petani Menjerit Harga Kelapa di Mempawah Turun Drastis, Disperindagnaker Akui Belum Tahu Sebabnya Petani Menjerit Harga Kelapa di Mempawah Turun Drastis, Disperindagnaker Akui Belum Tahu Sebabnya Penulis: Editor: Ishak,†TribunMempawah.com, 2019.

M. Dwi Erwinda and W. H. Susanto, “Pengaruh pH Nira Tebu (Saccharum officinarum) DAN Konsentrasi Penambahan Kapur Terhadap Kualitas Gula Merah,†J. Pangan dan Agroindustri, vol. 2, no. 3, pp. 54–64, 2014.

V. T. Manurung and H. Nataatmadja, “Usaha gula merah dan persaingannya dengan pabrik gula dalam penyediaan bahan baku di Jawa Timur,†Forum Penelit. Agro Ekon., 2016, doi: 10.21082/fae.v9n1.1991.27-35.

A. J. Rianse, Ilma Sarimustaqiyma ; Abdullah, Weka Gusmiarty; Midi, La Ode; Hartono, Slamet; Suryantini, “Financial , Economic And Environmental Feasibility Analysis Of Palm Sugar Domestic Industry In Kolaka Indonesia,†Int. J. Econ. Manag. Syst., vol. 1, pp. 104–109, 2016.

A. Nasution and M. Rachmat, “Agribisnis Kelapa Rakyat di Indonesia: Kendala dan Prospek,†Forum penelitian Agro Ekonomi, 2016. .

D. M. Maharani, R. Yulianingsih, S. Rosalia Dewi, Y. Sugiarto, and D. Wahyu Indriani, “Pengaruh Penambahan Natrium Metabisulfit dan Suhu Pemasakan Dengan Menggunakan Teknologi Vakum Terhadap Kualitas Gula Merah Tebu,†J. Agritech, vol. 34, no. 4, pp. 365–373, 2014, doi: 10.22146/agritech.9430.

A. D. Rosanti, “Pengaruh penambahan dosis natrium bisulfit dan natrium metabisulfit terhadap kualitas gula merah tebu,†J. Hijau Cendekia, vol. 1, no. 1, pp. 6–10, 2016.

R. Naufalin, T. Yanto, and A. Sulistyaningrum, “Pengaruh Jenis Dan Konsentrasi Pengawet Alami Terhadap Mutu Gula Kelapa,†J. Teknol. Pertaniab, vol. 14, no. 3, pp. 165–174, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ekawati Ekawati, Rahmatullah Rizieq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 
 

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.