EKONOMI KREATIF BONSAI KELAPA BAGI MASYARAKAT DESA SUNGAI KUPAH KUBU RAYA

Ellyta Ellyta, Sri Widarti, Donna Youlla

Abstract


Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas mitra mengolah produk berbahan baku kelapa sehingga menjadi produk yang memiliki nilai tambah dan dapat bernilai ekonomis. Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah penyuluhan dan pelatihan. Sebelum diberikan penyuluhan kepada peserta, dilakukan pengujian pengetahuan dengan Pre test dan Post Test. Dari hasil pre tes diperoleh rata-rata penilaian sebesar 0,35. Setelah dilakukan penyuluhan dan pelatihan pembuatan kompos dilakukan kembali pengujian tingkat pengetahuan peserta dan setelah kegiatan diperoleh rata-rata penilaian sebesar 1,00. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan peserta mengenai jenis-jenis kelapa bahan baku bonsai dan mengolah buah kelapa menjadi bonsai. Selain peningkatan pengetahuan, respon dari peserta berupa diskusi dan antusiasme peserta dalam mengikuti dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan menunjukkan ketercapaian tujuan kegiatan penyuluhan dan pelatihan. Hasil yang didapatkan adalah adanya peningkatan pengetahuan mitra dalam pengolahan buah kelapa menjadi bonsai dan penambahan kreatifitas mitra membuat bonsai kelapa.


Keywords


Bonsai Kelapa; Kreativitas Masyarakat Pesisir Sungai; Manfaat Kelapa.

Full Text:

PDF

References


Wardhani, S., R. 2021. Strategi Peningkatan Ekonomi Kreatif Dalam Menunjang Industri Pariwisata Di Desa Deniang. Krida Cendikia. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 01. No. 03. (19-28).

Hamid, R. S., & Ikbal, M. (2017), Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Remaja Pintar Berbasis Ekonomi Kreatif Desa Lera Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur, RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No. 1. (39-45)

http://ilmutanamanku.blogspot.com/2014/05/peran-bonsai-kelapa-di-indonesia-dan.html. Peran Bonsai Kelapa di Indonesia dan Proses Pembuatan Bonsai Kelapa. (dikases tanggal 12 Maret 2021).

Kadidae, O., L., Raya, R., Ahmad, O., L, Septiana, A., Lestari, 2019. Pemanfaatan Buah Kelapa untuk Pembuatan VCO dan Briket tempurung kelapa di Kelurahan Sambuli Kota Kendari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, Vol. 1, No. 1. (125-134)

Abdullah, F. 2019. Perancangan Informasi Seni Bonsai Melalui Media Motion Graphic. Universitas Komputer Indonesia

Saleh, Ismail dan Dina Suwardi.1995. Sejarah, Falsafah, dan Seni Bonsai. Jakarta: Penebar Swadaya.

Jefri, U., Ibrohim. 2021. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol 7 No 1. (86-99).

Indahyani, T. 2011. Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa pada Perencanaan Interior dan Furniture yang Berdampak pada Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Jurnal Humaniora. Vol. 2. No. 1. (15-23)

Labombang, M,, Nirmalawati. 2018. Pemanfaatan Tempurung Kelapa Sebagai Panel Akustik. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Tadulako University.Vol 6. No. 10. (135-144).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ellyta Ellyta, Sri Widarti, Donna Youlla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 
 

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.