PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERAN PETUGAS KESEHATAN DALAM MELAKUKAN PENCEGAHAN COVID-19 DI NEGERI ULLATH KECAMATAN SAPARUA TIMUR KABUPATEN MALUKU TENGAH

Wilma Fransisca mamuly

Abstract


COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2, yang awalnya diidentifikasi di kota wuhan, di provinsi Hubei Cina pada Desember 2019, dan oleh WHO telah dinyatakan sebagai pandemi. Pandemi COVID-19 mendorong masyarakat, terkhususnya petugas kesehatan untuk lebih tanggap dalam melakukan berbagai kegiatan pencegahan guna memutus mata rantai COVID-19. Persepsi yang baik dari masyarakat Negeri Ullath terhadap peran petugas kesehatan yang ada di puskesmas dapat meningkatkan citra kerja petugas kesehatan yang baik, begitu juga sebaliknya. Namun berdasarkan hasil observasi peneliti di Negeri Ullath, bahwa pada masa pandemi COVID-19, Petugas Kesehatan Puskesmas Jazirah Tenggara tidak konsisten dalam menanganinya. Dilihat dari mulai kurangnya kegiatan kegiatan pencegahan yang dilakukan. Tujuan penelitian: untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap peran petugas kesehatan dalam melakukan pencegahan COVID-19 di Negeri Ullath. Metode penelitian: desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 9 informan dengan 6 informan utama dan 3 informan kunci. Hasil: berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa persepsi masyarakat Negeri Ullath cukup baik terhadap peran petugas kesehatan dalam melakukan pencegahan COVID-19, dilihat dari sikap, upaya dan pemberian vaksin yang telah dilakukan oleh petugas kesehatan dalam mencegah penularan COVID-19 di Negeri Ullath. Saran: pemerintah dan petugas kesehatan harus lebih meningkatkan upaya pencegahan kepada masyarakat Negeri Ullath.Kata kunci: COVID-19, Negeri Ullath, Persepsi, Sikap, Upaya.

Full Text:

PDF

References


Angelina, W. (2020). Gambaran Persepsi Tentang Peran Perawat Pada Masa COVID-19 Di Kota Kupang.

Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., Gu, X. (2020). Gambaran klinis pasien yang terinfeksi Coronavirus 2019 di Wuhan, China. Lanset, 395, 497-506. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30183-5.

Kemenkes RI. 2021. Question (Faq) Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. 2020, 1-16. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/uploads/contents/others/FAQ_VAKSINASI_COVID__call_center.pdf.

Notoatmojo, S. 2010. Promosi Kesehatan dan Imlu Perilaku. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmojo, Soekidjo. 2013. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.54639/mhj.v1i1.786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:

https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/22496

Publisher:

Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku

Jln Ot Pattimaipauw RT.003/RW.003 Talake, Kel Wainitu, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.