Pengalaman Clinical Instructor Dalam Proses Pembelajaran Praktik Mahasiswa Keperawatan Di Rumah Sakit Wilayah Jawa Barat

Roganda Situmorang

Abstract

Mahasiswa keperawatan merupakan calon generasi tenaga kesehatan terbesar dalam fasilitas pelayanan kesehatan sehingga memerlukan proses bimbingan praktik keperawatan terbaik dari Clinical Instructor. Cilinical Instructor merupakan perawat profesional sebagai pembimbing kegiatan pendidikan keperawatan dilahan praktik atau fasilitas pelayanan kesehatan memberikan tata kelola kesesuaian antara pembelajaran selama di institusi pendidikan dengan kenyataan dilahan praktik atau dunia kerja (fasiltas pelayanan kesehatan) yang masih mengalami kesenjangan dalam penerapan asuhan keperawatan yang dirasakan mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi pengalaman Clinical Instructor dalam proses pembelajaran praktik mahasiswa keperawatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan dengan teknik indepth interview hingga mencapai saturasi data yang melibatkan 6 (enam) partisipan yang merupakan perawat pelaksana yang bekerja di ruang rawat inap dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan metode The Collaizi’s 7-step. Terdapat 5 (lima) tema besar yang diidentifikasi dari analisis tekstual yaitu tema rekruitasi, dampak peran, tanggung jawab, problem dan solving. Dapat disimpulkan bahwa dari pengalaman Cilinical Instructor tereksplorasi berbagai hal yang dihadapi yakni selain menjadi berperan sebagai perawat profesional dengan beban kerja yang sudah besar, harus berperan juga sebagai pembimbing mahasiswa dengan berbagai keterbatasan pelaksanaannya. Oleh karena itu direkomendasikan kebijakaan tata kelola ketenagakerjaan untuk setiap fasilitas kesehatan dengan kesediaan menerima praktik mahasiswa keperawatan melalui persiapan pembimbing Clinical Instructor yang teorganisir dan sinergisitas pembimbing akademik dari institusi pendidikan yang bekerja sama dengan Clinical Instructor.

Full Text:

PDF

References

Duteau,J. Making a Difference : The Value of Preceptorship Programs in Nursing Education. The Journal of Continuing Education in Nursing. Doi : 10.3928/00220124-20110615-01. 2011 ; 43(1).

Letizia,M & Jennrich,J. A Review of Preceptorship in Undergraduate Nursing Education: Implications for Staff Development. The Journal of Continuing Education in Nursing. Doi : 10.3928/0022-0124-19980901-06. 2021 ; 29(5).

Collier,A.D. Characteristics Of An Effective Nursing Clinical Instructor : The State Of The Science. National Library Of Medicine. Doi: 10.1111/jocn.13931. 2018 ; (1-2):363-374.

Altman, T.Y. Making a Difference The Value of Preceptorship Programs in Nursing Education. The Journal of Continuing Education in Nursing. International Journal of Nursing Education Scholarship. Doi : 10.2202/1548-923X.1014. 2006 ; 1(12).

Wu, X.V., Chan,Y.S., Tan, K.H.S & Wang, W. A Systematic Review Of Online Learning Programs For Nurse Preceptors. Nurse Education Today. Doi : 10.1016/j.nedt.2017.09.010. 2018 : 60(1), 11-22.

Sujin,S., Woo,P.Y., Mijung,K., Jeonghyun,K., & Inyoung,L. Survey on the Education System for New Graduate Nurses in Hospitals : Focusing on the Preceptorship. Korean Medical Education Review, Doi : https://doi.org/10.17496/kmer.2019.21.2.112. 2019 ; 21(2),112-122.

Biangos,R., Buiser,J., Cabunoc,E.B., Canubas,M.G., Longino,C & Marchan,K. Teaching Strategies Utilized By The Clinical Instructors As Perceived.College Of Nursing Liceo De Cagayan University : Nursing Research Journal. 2010 ; 2(1).

Blaist., Kathleen,K. Praktek Keperawatan Profesional Konsep & Praktik. Jakarta : EGC. 2017.

Carlsone,P.D. Time to Precept Supportive and Limiting Conditions for Precepting Nurses. Journal of Advanced Nursing. 2010 ; 432-441.

Canadian Nurse Association. Achieving Excellence In Professional Practice A Guide To Preceptorship And Mentoring. Ottawa : Author. 2004.

Dahlke,S., Baumbusch,J., Affeck,F & Kwon,J.Y. The Clinical Instructor Role in Nursing Education: A Structured Literature Review. Journal of Nursing Education. 2012 ; 51(12),1-10.

Gillies, D.A. Manajemen Keperawatan Suatu Pendekatan Sistem. Philadeplhia : W.B. Saunders Company. 2012.

Halfer,D. A Magnetic Strategi for New Grduate Nurses. Nursing Economics Journal. 2007 ; 25(1), 6-12.

Huriani,E & Malini,H. Mentorship Sebagai Suatu Inovasi Metode Bimbingan Klinik Dalam Keperawatan. Padang : FK Universitas Andalas. 2008.

Martani. W.R. Hubungan Pelatihan Clinical Instructor (CI) Dengan Lingkungan Belajar Klinik Di RSUD dr.R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Purwekerto : Progran Sarjana Ilmu Keperawatan Universitas Jendral Soedirman. 2011.

Paseno, M. M., Wirmando, W., Tasijawa, F. A., & Bakri, A. (2022). “Sincere Despite Being Disabled:” A Phenomenological Study on Victims of Natural Disasters in Palu and Sigi in Achieving Resilience. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(G), 375-381.

Oerman, & Heinrich. The Utilization and Role of the Preceptor in Undergraduate Nursing Program. Teaching And Learning In Nursing. 2003 ; 105-107.

Marquis,B.L & Huston,C.J. Leadership Roles and Managemenr Fuction in Nursing Teory and Aplicattion. Edition 5. California : Lippincont Williams & Wilkins. 2010.

Nursalam. Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta : Salemba Medika. 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.