ANALISA KADAR KADMIUM PADA BEBERAPA MEREK LIPSTIK YANG DIJUAL DI PASAR MARDIKA KOTA AMBON

Mylene E Latumahina, Melkhianus H Pentury

Abstract


Penggunaan kosmetik semakin meningkat seiring dengan keinginan masyarakat (Wanita) untuk mendandani diri agar kelihatan lebih sempurna, termasuk penggunaan kosmetik dekoratif yaitu Lipstik yang bahan dasarnya mengandung unsur logam berat, salah satunya adalah Kadmium (Cd) yang dalam kadar yang berlebih pada kosmetika sangat berbahaya bagi kesehatan, sehingga penting diketahui untuk direkomendasikan dalam mengurangi penggunaannya. Kadmium pada lipstik dapat masuk ke dalam tubuh melalui permukaan kulit, pencernaan dan pernafasan yang jika dalam waktu yang lama dapat membahayakan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kadar logam kadmium (Cd) pada beberapa merek lipstik yang dijual di Pasar. Penelitian ini dilakukan di Pasar Mardika Kota Ambon, jenis penelitian bersifat Analitik deskriptif dengan pendekatan Analisa Laboratorium. Pengambilan Sampel dilakukan pada kios-kios yang menjual lipstik di pasar Mardika, sampel dibeli dan dimasukan dalam wadah plastik untuk selanjutnya dianalisa di Laboratorium Kesehatan Provinsi Maluku. Sampel yang diambil, kemudian dilakukan Preparasi sampel dengan beberapa tahap yaitu, destruksi dengan penambahan HNO3 15% sebanyak 15 mL dimasukkan kedalam beaker glass sambil dipanaskan di hotplate pada suhu 100°C, proses ini dilakukan sampai hilangnya asap berwarna coklat. Setelah itu tambahkan H2O2 30% sebanyak 5 ml sedikit demi sedikit sambil dilakukan pemanasan. Proses destruksi dihentikan sampai larutan jernih dan di dinginkan. Kemudian disaring dengan menggunakan kertas saring. Tahapan berikut adalah pembuatan kurva kalibrasi yang diawali dengan pembuatan larutan standar induk kadmium 1000 ppm diencerkan menjadi 5,00 ppm, kemudian diencerkan kembali menjadi 0,05, 0,10, 0,30, 0,50, 0,70 dalam labu ukur. Larutan standar yang telah dibuat kemudian masing-masing diukur serapannya menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom lalu hasilnya diplot menjadi kurva kalibrasi. Langkah selanjutnya adalah penentuan kadmium dalam sampel yang diukur dengan menggunakan SSA.Hasil yang diperoleh yaitu Kadar kadmium terendah adalah 0,025 mg/L ditemukan pada kode sampel 002 sedangkan kadar kadmium tertinggi adalah 0, 031 mg/L ditemukan pada kode sampel 017, 020, 021 dan masih dalam tahap memenuhi syarat batas aman cemaran kadmium dalam kosmetik. 

Kata Kunci: Lipstik; Kadmium; SSA; Pasar Mardika

Full Text:

PDF

References


Tranggono, R. I dan F. Latifah, 2014. Buku Pegangan Dasar Kosmetologi. Jakarta: Sagung Seto.

Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor HK.03.1.23.07.11.6662 Tahun 2011 Tentang Persyaratan Cemaran Mikroba dan Logam Berat dalam Kosmetika. Jakarta.

Adliani Nur, Nazliniwaty, Purba. 2012. Formulasi Lipstik Menggunakan Zat Warna Dari Ekstrak Bunga Kecombrang (Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm.). Medan: Universitas Sumatra Utara. 87-94.

Yatimah, D. 2014. Analisis Cemaran Logam berat Kadmium dan Timbal Pada Beberapa Merk Lipstik Yang Beredar Di daerah Ciputat Dengan Menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Arisman, 2008, Keracunan Makanan: Buku Ajar Ilmu Gizi, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Palar, H., 2008. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Jakarta: Rineka.

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI, 2015. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2015 Tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetika. Jakarta.

Agustina, R, (2010). Penderita Kanker Payudara Menurun, Kanker Rahim Menonjol,http//health.detik.com/red/2010/02/04/112503/1292721/763/penderita kanker-payudara-menurun-kanker-rahim-melonjak (diaskes 2 desember 2014–857.




DOI: https://doi.org/10.54639/mhj.v4i1.966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

INDEXING:

https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/22496  

 

Publisher:

Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku

Jln Ot Pattimaipauw RT.003/RW.003 Talake, Kel Wainitu, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.