Pohon Kayu Putih: Pohon Kehidupan Masyarakat Pulau Buru

Gamaliel Wirta

Abstract


Pohon kayu putih adalah pohon kehidupan bagi masyarakat Pulau Buru. Minyak kayu putih yang dihasilkan dari proses penyulingan daun pohon kayu putih telah memberikan manfaat ekonomis maupun kesehatan bagi masyarakat. Teori etnobotani yang dikembangkan oleh Kumbara digunakan untuk menjelaskan keberadaan pohon kayu putih yang memiliki hubungan erat dengan masyarakat Pulau Buru, karena dari pohon ini masyarakat dapat memperoleh kehidupan, kebutuhan hidup mereka terpenuhi, termasuk biaya pendidikan anak-anak. Akhirnya tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan pohon kayu putih dan manfaatnya, cara pengolahan dan khasiat minyak kayu putih yang diperoleh dari proses penyulingan daun pohon kayu putih.


Keywords


Eucalyptus tree, Life, Ethnobotany, the society of Buru Island.

Full Text:

PDF

References


Kehutanan, Balai Besar Penelitian dan Pemuliaan Tanaman Hutan dengan Direktorat Jenderal Bina Usaha. Budidaya dan Prospek Pengembangan Kayuputih (Melaleuca cajuputi). Bogor: IPB Press, 2014.

Kristiono, Rachmad, dan Dwi Susilo. “Memerdekakan Pohon untuk Kehidupan.” Arsip Publikasi Ilmiah Universitas Muhamadyah Malang, 2020: 4-5.

Muslimin, Imam, dan Agus Kuriniawan. “Budidaya Kayu Putih.” Dalam Pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu Indonesia Untuk Mendukung Sustainable Development Goals , 99-121. Bogor: 2019, 2019.

Muslimin, Imam, dan Agus Kurniawan. “Budidaya Kayu Putih.” Dalam Pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu Indonesia Untuk Mendukung Sustainable Development Goals , 99-121. Bogor: IPB PRESS, 2019.

Singgih, Emmanuel Gerrit. “Ranting-ranting dari pohon Kehidupan.” Gema Teologi, 2009: 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gamaliel Wirta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats ---------------------------------------------------------------------

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.