Edukasi Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan Lalu Lintas pada Siswa SMA di Kubu Rokan Hilir

T. Abdur Rasyid, Rani Lisa Indra, Bayu Saputra, Sandra Sandra

Abstract


Angka kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) meningkat setiap tahunnya. Kematian akibat laka lantas meningkat terutama di negara – negara berkembang termasuk di Indonesia. Korban laka lantas di Indonesia didominasi oleh kelompok usia produktif terutama pelajar dan mahasiswa. Kematian korban akibat laka lantas di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau cukup tinggi. Sebagian besar pertolongan pertama pada korban laka lantas dilakukan oleh masyarakat di tempat kejadian. Namun banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui cara menolong korban yang baik dan benar pada saat setelah kecelakaan terjadi. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMA N 1 Kubu Kabupaten Rokan Hilir dalam pertolongan pertama korban kecelakaan lalu lintas. Metode pengabdian kepada masyarakat ini adalah edukasi pertolongan pertama korban kecelakaan yang dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) melalui google meeting. Sebanyak 25 orang siswa dilibatkan sebagai peserta. Pengetahuan siswa sebelum dan setelah mengikuti edukasi diidentifikasi menggunakan pre-test dan post-test yang berisi 10 pertanyaan multiple choice melalui google form. Pengetahuan siswa dalam pertolongan pertama korban laka lantas disajikan dalam bentuk grafik. Rata – rata skor pre-test menunjukkan nilai 54,50 poin dan meningkat pada post-test sebesar 84,80 poin. Ini menunjukkan bahwa edukasi pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas pada siswa SMA N 1 Kubu Kabupaten Rokan Hilir dapat meningkatkan pengetahuan siswa pada ranah kognitif. Disarankan untuk organisasi didalam sekolah maupun sekolah itu sendiri untuk dapat meningkatkan kerjasama dengan pihak puskesmas dalam simulasi pertolongan pertama kecelakaan sehingga siswa SMA memimiliki kemampuan untuk menolong korban kecelakaan lalu lintas.


Keywords


Edukasi; pertolongan pertama; kecelakaan lalu lintas

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik RI. (2018). Laporan data kecelakaan lalu lintas 2013-2016. Jakarta: BPS.

Buamona, S. Kumaat, L.T. Malara, R.T. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan bantuan hidup dasar pada kecelakaan lalu lintas pada siswa SMA Negeri 1 sasanan kabupaten kepulauan Sula Maluku Utara. e-jurnal keperawatan. 5(1).

Endiyono dan Aprianingsih, S (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan pertolongan pertama pada kecelakaan (p3k) terhadap tingkat pengetahuan anggota saka bakti husada. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol. 15 No(Medika Respati).

Fitriani, R. (2016). Dampak kampanye kesehatan lalu lintas dinas perhubungan kominikasi dan informatika di kalangan pelajar (Studi deskriptif kualitatif pada perilaku berlalu lintas siswa SMA Al-Islam Surakarta. Medika Respati Jurnal Ilmiah Kesehatan

Kemenkes RI. (2019). Buku pertolongan pertama pada kecelakaan di jalan ,jadilah penolong kecelakaan, semua orang bisa jadi penolong. Kemenkes RI.

Korlantas Polri. (2014). Data kecelakaan lalu lintas. diperoleh dari https://korlantas.polri.go.id/category/lalu-lintas/ diakses pada 17 Februari 2021

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : PT Rineka Putra

OEDC Health Statistics. (2020). Injuries in road traffic accidents, definitions, sources and methods.

Prastyawati, I. Y., Wardhani, I, K., & Pramono, D. R. Y. (2021). Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Cedera Jaringan Lunak Pada MGMP PJOK SMA/K Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kasih Stikes Dirgahayu Samarinda, 2(2), 2715–2707.

Saputro, W. W. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap tentang pertolongan pertama pada kecelakaan di smk negeri 1 mojosongo boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Warouw, Jessicha angel. Kumaat, Lucky Tommy. & Pondang Linie. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan dan simulasi terhadap pengetahuan tentang balut bidai pertolongan pertama fraktur tulang panjang pada siswa kelas x smk negeri 6 manado. e-Journal Keperawatan. 6(1).

Wijayanti, T. Isnani, T. dan Kesuma, AP. (2016). Pengaruh penyuluhan (ceramah dengan power point) terhadap pengetahuan tentang leptospirosis di kecamatan tembalang kota semarang jawa tengah. Jurnal Balaba 12(1).

World Health Organization. (2018). Global Status Report on Road Safety. Geneva: WHO




DOI: https://doi.org/10.54639/kks.v1i2.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Karya Kesehatan Siwalima



Indexing:

  


Penerbit:

Lembaga Penerbitan Fakultas Kesehatan, Universitas Kristen Indonesia Maluku

Jln Ot Pattimaipauw RT.003/RW.003 Talake, Kel Wainitu, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.